PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK UTAK-ATIK OBYEK MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 SUELA TAHUN AJARAN 2014/2015

Sasmitasari, Sasmitasari (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK UTAK-ATIK OBYEK MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 SUELA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SASMITASRI E1R010059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-C SMPN 1 Suela tahun pelajaran 2014/2015 pada materi kubus dan balok dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan teknik utak-atik obyek matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I untuk tiap pertemuan yaitu 10,31 dan 14,99 dengan masing-masing berkategori aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II untuk tiap pertemuan yaitu 16,99 dan 17,32 dengan kategori sangat aktif. rata-rata skor aktivitas siswa siklus I, dan siklus II berturut-turut 12,65 dengan kategori aktif, dan 17,15 dengan kategori sangat aktif. Untuk nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus I, dan siklus II berturut-turut 68,54 dan 74,51 dan persentase ketuntasan klasikal berturut-turut 70,96% dan 87,09%. Melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan teknik utak-atik obyek matematika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII-C SMPN 1 Suela tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan pembelajaran kontekstual, teknik utak-atik obyek matematika, aktivitas belajar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item