IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Astriana, Astriana (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ASTRIANA E1R011006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII D SMP Negeri 13 Mataram pada pembelajaran materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar tahun ajaran 2014/2015 menggunakan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran PBL merupakan pembelajaran yang menggunakan masalah-masalah dunia nyata sebagai konteks bagi peserta didik untuk belajar berpikir kritis dan terampil memecahkan, serta mendapatkan pengetahuan dan konsep-konsep dasar Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal mencapai 85% dengan nilai rata-rata minimum per individu 75. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa rata-rata prestasi belajar siswa dalam hal menyelesaikan soal cerita 74,23 dengan ketuntasan klasikal 65,12%. Hasil penelitian siklus II diperoleh rata-rata sebesar 78,37 dengan ketuntasan klasikal 76,74%. Hasil penelitian pada siklus III diperoleh rata-rata kelas sebesar 83,59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,05%. Dari hasil penelitian tersebut terdapat peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita di setiap siklus. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus, kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa mengalami peningkatan dan dapat memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar dapat meningkat kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas VIII D SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan, menyelesaikan soal cerita, model pembelajaran, Problem Based Learning .
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:25
Last Modified: 13 Jul 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item