EPTIANI, ERLINA EKA S (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII A SMPN 1 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ERLINA EKA SEPTIANI_E1R 010 016.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII A tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap pertemuan tiap siklus. Skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah 13 dan 15 dengan kategori cukup aktif dan aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah 17 dan 18 dengan kategori sangat aktif. Untuk rata-rata nilai kelas yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 77,84 dan 89,09 dengan urutan ketuntasan klasikal 74,19% dan 88,57%. Dengan memperhatikan keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning yang diterapkan pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Gerung tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem based learning, aktivitas, prestasi belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 01:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 01:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5583 |
Actions (login required)
View Item |