SULASTRI, IVIT (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 1 LINGSAR TAHUN 2015/2016 PADA PEMBELAJARAN SEGIEMPAT DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SULASTRI_E1R 112 027.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Lingsar tahun 2015/2016 pada pembelajaran segiempat dengan menerapkan pendekatan Brain Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada masing-masing siklus terdapat lima tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 33 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 28 dengan kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II, skor aktivitas siswa pada pertemuan 1 adalah 37 dengan kategori aktif dan pertemuan 2 adalah 40 dengan kategori aktif. Dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas siswa. Ketuntasan klasikal siswa merupakan prestasi pada penelitian ini. Adapun ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 66,67% dan 90,48%. Dengan melihat prestasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Lingsar tahun 2015/2016 sangat signifikan setelah diterapkannya pendekatan Brain Based Learning secara optimal pada materi segiempat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Brain Based Learning, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 01:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 01:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
View Item |