DISLEKSIA: GANGGUAN PENGENALAN HURUF STUDI KASUS PADA FITRI SISWI KELAS IB MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DUMAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

AINI, MARDIATUN (2017) DISLEKSIA: GANGGUAN PENGENALAN HURUF STUDI KASUS PADA FITRI SISWI KELAS IB MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DUMAN KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa)
E1C113086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Disleksia: Gangguan Pengenalan Huruf Studi Kasus pada Fitri Siswi Kelas IB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat”. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pola pengenalan huruf pada Fitri siswi kelas IB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, dan (2). bagaimanakah pola gangguan menulis huruf pada Fitri siswi Kelas IB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujun untuk untuk mendeskripsikan pola gangguan membaca dan menulis pada Fitri kelas IB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Duman Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Fitri selaku subjek penelitian yakni siswi kelas IB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Duman sebagai data skunder, guru dan orang tua Fitri sebagai data primer. Metode dan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak, dengan tehnik dasar sadap dan tehnik lanjutan pencatatan. Selain itu digunakan juga metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode padan intralingual, dengan tehnik dasar hubung bading membedakan dan tehnik lanjutan subtitusional. Hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan dengan metode formal dan informal. Metode formal seperti tanda kurung siku ([...]), sedangkan metode informal adalah perumusan dengan menggunakan kata-kata, kalimat, atau paragraf. Hasil penelitian ini adalah Fitri kesulitan dalam membaca dan menulis huruf-huruf yang memiliki pola mirip seperti huruf b, d, p, dan q, huruf n,v, h, m, dan w, huruf j dengan y, huruf s dengan z, huruf r dengan t, huruf c dengan e, huruf j dengan i, dan huruf l dengan i.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): disleksia (gangguan pengenalan huruf), membaca, dan menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:56
Last Modified: 15 Aug 2017 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item