ANALISIS TINDAKAN SOSIAL PARA TOKOH DALAM NASKAH DRAMA GODLOB KARYA DANARTO DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA MAX WEBER

NURMAYANTI, LILIK (2016) ANALISIS TINDAKAN SOSIAL PARA TOKOH DALAM NASKAH DRAMA GODLOB KARYA DANARTO DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA MAX WEBER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
LILIK NURMAYANTI E1C112067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tindakan sosial. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah bentuk tindakan rasionalitas instrumental tokoh dalam naskah drama Godlob; (2) bagaimanakah bentuk tindakan rasional nilai tokoh dalam naskah drama Godlob; (3) bagaimanakah bentuk tindakan afektif tokoh dalam naskah drama Godlob; (4) bagaimanakah bentuk tindakan tradisional tokoh dalam naskah drama Godlob. Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan bentuk tindakan rasionalitas instrumental tokoh dalam naskah drama Godlob; (2) mendeskripsikan bentuk tindakan rasional nilai tokoh dalam naskah drama Godlob; (3) mendeskripsikan bentuk tindakan afektif tokoh dalam naskah drama Godlob; (4) mendeskripsikan bentuk tindakan tradisional tokoh dalam naskah drama Godlob. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Godlob karya Danarto. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan kalimat yang ada pada dialog naskah drama Godlob karya Danarto. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah berbentuk tabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode penyajian data hasil penelitian dalam penelitian ini adalah metode tekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tindakan sosial para tokoh dalam naskah drama Godlob berdasarkan empat tipe yakni 1) tindakan rasionalitas instrumental meliputi: a) Keinginan mendapatkan penghargaan atas kematian anaknya, b) Ketidakpedulian politikus kepada nasib warga. 2) tindakan rasional nilai meliputi: a) Pengorbanan seorang rakyat, b) Kesabaran. 3) tindakan sosial afektif meliputi: a) tindakan marah, b) menggunakan perasaan. 4) tindakan sosial tradisional meliputi: a) menunggu dibatas kota.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tindakan Sosial, Tokoh, Sosiologi Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:18
Last Modified: 30 Aug 2017 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item