PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

AMELIA, PUJI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa terutama pada pokok bahasan statistika, serta kurangnya aktivitas belajar siswa. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran lebih bersifat terpusat hanya pada guru. Guru tidak melibatkan siswa secara penuh dalam pembelajaran. Siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang disampaikan guru. Hal ini akan mengakibatkan pembelajaran matematika membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga aktivitas siswa dalam pembelajaran pun rendah. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik maka diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri pada pokok bahasan statistika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari lima tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas belajar siswa siklus I 13,51 dengan kategori tinggi dan siklus II 17,16 dengan kategori sangat tinggi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut – turut 68,18% dan 86,96%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus satu ke sikluas dua meningkat, hal ini disebabkan karena siswa aktif berbagi informasi dan pemahaman dalam diskusi kelompok sehingga materi yang dipelajari dapat dipahami dengan baik. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) pada materi statistika dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction, aktivitas belajar, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item