PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.4 MTsN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

M U S T A F A, M U S T A F A (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI POKOK TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII.4 MTsN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI MUSTAFA (E1R012032).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.4 MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Siklus pertama terdiri atas dua pertemuan. Sedangkan siklus kedua terdiri atas tiga pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dengan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I adalah 12,66 dengan kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I, skor aktivitas belajar siswa adalah 18,33 dengan kategori sangat aktif. Pada pertemuan pertama siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 16,32 dengan kategori sangat aktif. Pada pertemuan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 19,65 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan pada pertemuan ketiga siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 20,33 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 89,59 dan 90,59 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 91,18 % dan 88,23 %. Padahal nilai rata-rata kelas pra penelitian hanya mencapai 73,03 dengan ketuntasan klasikal 46,87 %. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dengan pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) pada materi pokok teorema Pythagoras dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.4 MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: aktivitas belajar siswa, hasil belajar matematika, siklus belajar, pendekatan kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, hasil belajar matematika, siklus belajar, pendekatan kontekstual
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item