PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

LISTIANTI, LITA (2017) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara saat PPL dengan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsari terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya aktivitas belajar berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan oleh penerapan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang efektif, sehingga berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata ulangan harian siswa yang memiliki nilai terendah pada kelas VIIIA SMP Negeri 3 Gunungsari yaitu 39,47 pada pembelajaran kubus dan balok. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar yang diraih siswa adalah dengan penerapan pendekatan kontekstual berbasis alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016 pada pembelajaran kubus dan balok dengan menerapkan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) berbasis alat peraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat dan memuat empat tahap kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 berturut-turut adalah 10,10 dan 11,67, pada siklus II pertemuan 1 dan 2 berturut-turut adalah 13,33 dan 15,34. Ativitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 adalah berkategori sedang menjadi tinggi. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 dan 2 adalah berkategori tinggi menjadi sangat tinggi. Rata-rata skor hasil evaluasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal berturut-turut 65,21% dan 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerapan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) berbasis alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Gunungsari pada materi Kubus dan Balok tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) berbasis alat peraga.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:23
Last Modified: 13 Jul 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item