PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR PADA MATERI PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

WIBOWO, ARI (2017) PENERAPAN METODE LATIHAN BERSTRUKTUR PADA MATERI PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIE SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARI WIBOWO E1R112008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika kelas VIIE SMP Negeri 4 Narmada didominasi oleh guru. Guru jarang mendekati dan membimbing siswa. Pada saat siswa mengerjakan soal latihan sehingga siswa merasa kesulitan saat mengerjakan soal latihan baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran seperti ini akan membuat siswa menjadi pasif dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa menjadi rendah. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIIE adalah kurang aktif, hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Sehingga diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa adalah metode latihan Berstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data terlaksananya pembelajaran diambil dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi yang dilakukan pada akhir tiap siklus. Indikator keberhasilan kerja penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan peningkatan prestasi belajar siswa dengan nilai ratarata minimal ≥80 dan minimal 85% untuk ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I untuk tiap pertemuan adalah 10,67 dan 14,66 dengan masingmasing berkategori kurang aktif dan cukup aktif, sedangkan skor aktivitas belajar pada siklus II untuk tiap pertemuan adalah 16,67 dan 22,67 dengan masingmasing berkategori aktif dan sangat aktif. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan penngkatan rata-rata nilai hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing adalah 78,69 dan 87,13 dengan ketuntasan klasikal masingmasing adalah 66% dan 88%. Dengan melihat hasil yang diperoleh, aktivitas dan prestasi belajar siswa telah memenuhi indikator kerja yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan Berstruktur pada materi pembelajaran bilangan bulat secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIE SMPN 4 Narmada tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, metode Latihan Berstruktur
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:21
Last Modified: 13 Jul 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item View Item