PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017

HUSNAWATI, ATIK (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TARI BAMBU PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 4 SMAN 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ATIK HUSNAWATI E1R112009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu pada pembelajaran materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Lembar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Teknik Tari Bambu, membantu siswa mampu berkomunikasi secara menyeluruh dengan teman-temannya saat kegiatan pembelajaran. Siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dari siklus I kesiklus II. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 15,64 dengan kategori cukup baik, dan prestasi belajar siswa sebesar 75,96 dengan ketuntasan belajar 73,03%. Sedangkan, rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus II 18,82 dengan kategori baik. Untuk prestasi belajar siswa dengan rata-rata 80,92 dan ketuntasan belajar sebesar 88,46%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas siswa, prestasi belajar, cooperative learning, tari bambu.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:21
Last Modified: 13 Jul 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item View Item