PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NINGSIH, LIA ERNAWATI (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIA ERNAWATI NINGSIH (E1R112036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Narmada tahun pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel melalui penerapan model kooperatif tipe jigsaw Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari lima tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa dan guru yang disusun dalam lembar observasi yang terdiri dari enam indikator dimana masing-masing indikator terdiri dari 3 deskriptor dan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil evaluasi setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan hasil belajar rata-rata nilai siswa minimal 72 dengan ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 15,64 dengan kategori kurang aktif, pertemuan 2 adalah 16,31 dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa pertemuan 1 adalah 17,31 dengan kategori aktif dan pertemuan 2 adalah 18,33 dengan kategori aktif sedangkan rata-rata nilai prestasi belajar siklus I dan siklus II masing-masing yakni 79,97 dan 75,45 dengan ketuntasan klasikal berturut-turut yakni 83,33% dan 91,42%. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Narmada tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, jigsaw, aktivitas, prestasi belajar, SPLDV.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:20
Last Modified: 13 Jul 2018 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item