STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES AND ABILITY IN WRITING: A STUDY AT XI IPA MAN GERUNG IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Rizki Pratami, Handini (2018) STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES AND ABILITY IN WRITING: A STUDY AT XI IPA MAN GERUNG IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL HANDINI E1D113065.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran siswa dalam menulis. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA di MAN Gerung pada tahun akademik 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA di MAN Gerung dan dari populasi penulis mengambil XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang terdiri dari 40 siswa sebagai sampel. Dalam mengumpulkan data ada tiga macam instrumen yang digunakan oleh penulis; tes menulis, kuesioner yang diadopsi dari SILL oleh Oxford (1990) dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah semua XI IPA menggunakan strategi direct dan strategi indirect dalam pembelajaran tetapi yang paling sering yang digunakan siswa adalah strategi kognitif dari strategi direct dengan 50% atau 20 siswa menggunakan strategi ini, strategi kognitif adalah jenis strategi yang berfokus pada siswa berlatih secara langsung menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, strategi terendah yang digunakan siswa adalah strategi afektif dari strategi indirect dengan 2,5% atau hanya satu siswa yang menggunakan strategi ini. Dalam strategi afektif, siswa mungkin memiliki motivasi yang besar dalam belajar bahasa Inggris, tetapi ia merasa malas untuk menyemangati dirinya sendiri dan tidak pernah memberi hadiah jika ia mendapat nilai yang baik dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, Sebagian besar siswa di kelas XI IPA memungkinkan untuk menulis karangan esai karena mereka menerapkan empat langkah dalam penulisan yaitu; prewriting, outlining, drafting, revisi dan penyuntingan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Belajar, Kemampuan menulis, langkah-langkah dalam menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:19
Last Modified: 13 Jul 2018 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item