PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AL-FIALISTYANI, DWI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X SMAN 2 GERUNG PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh hasil belajar kimia antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry berbasis mind map dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian yakni kelas X.1 dan X.2 karena jumlah kelas X di SMA ini hanya 2 kelas sehingga teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Data yang dikumpulkan yaitu data nilai pretest dan posttest. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji ANAKOVA dan nilai pretest digunakan sebagai kovariat, diperoleh Fhitung 1,78 Ftabel 4,11, maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran inquiry berbasis mind map dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry berbasis mind map tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kimia. Tetapi berdasarkan lembar hasil observasi dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai pretest, posttest dan total skor proses belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): inquiry, mind map, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:18
Last Modified: 13 Jul 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item