ANALISIS STRUKTUR ISI DAN KONEKSI WACANA KARANGAN SISWA SMP NEGERI 1 NARMADA

MAKNAH, - (2016) ANALISIS STRUKTUR ISI DAN KONEKSI WACANA KARANGAN SISWA SMP NEGERI 1 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
MAKNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memerikan struktur isi dan koneksi pada wacana karangan siswa SMP Negeri 1 Narmada. Sumber data yang diteliti berupa wacana tulis yang diambil secara acak dari wacana karangan pengalaman pribadi dalam buku harian dan wacana deskriptif siswa SMP Negeri 1 Narmada kelas VII semester 1 tahun ajaran 2015-2016. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi pustaka dan dokumentasi dengan dua teknik lanjutan, yaitu teknik baca dan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik lanjutan yaitu teknik hubung banding menyamakan (HBS) dan teknik hubung banding membedakan (HBB). Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah metode formal. Temuan penelitian menunjukkan, penulisan struktur isi dan koneksi pada wacana siswa SMP Negeri 1 Narmada kelas VII semester 1 tahun ajaran 2015- 2016 tidak jelas serta tidak tepat. Penulisan struktur isi tidak jelas dan tidak tepat seperti, penulisan proposisi yang tidak lengkap, topik yang tidak jelas dan terarah, penggunaan kalimat yang bertele-tele dan tidak relevan, serta penulisan kerangka dasar karangan yang tidak tersusun dengan baik atau tidak sesuai dengan alurnya sehingga wacana menjadi rancu dan tidak jelas. Di samping itu, koneksi yang digunakan untuk menghubungkan antarklausa maupun antarkalimat juga tidak tepat. Jenis-jenis penggunaan koneksi yang tidak tepat seperti kohesi, elemen referensial, dan koherensi. Penggunaan kohesi yang tidak tepat berupa substitusi, elips, referensi, konjungsi, dan kohesi leksikal. Referensi atau acuan seperti referensi persona, demonstrative dan komperatif yang digunakan untuk mengacu pada elemen referensial baik anafora maupun katafora tidak sesuai atau tidak tepat.Selain itu, ditemukan juga penggunaan koherensi yang tidak tepat seperti relasi koordinatif dan relasi subordinatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Wacana, buku harian, deskriptif, struktur isi, koneksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:15
Last Modified: 30 Aug 2017 06:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item