IDENTIFIKASI PERILAKU MENYIMPANG DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEMBAB SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-MA’ARIF MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

WATI, SRI RAHMA (2010) IDENTIFIKASI PERILAKU MENYIMPANG DAN FAKTOR-FAKTOR PENYEMBAB SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-MA’ARIF MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI RAHMA WATI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah (1) apa saja bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan siswa SMA AL-MA’ARIF Mataram, (2) faktor- faktor apakah yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang, dan (3) bagaimanakah implikasi prilaku menyimpang terhadap prestasi belajar siswa SMA AL-MA’ARIF Mataram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan siswsa SMA AL-MA’ARIF Mataram, (2) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang siswa SMA AL-MA’ARIF Mataram, (3) implikasi perilaku menyimpang terhadap prestasi belajar siswa SMA AL-MA’ARIF Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa yang melakukan perilaku menyimpang, sedangkan informan penelitian ini adalah wali kelas dan guru bimbingan konseling. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik analisis deskriptif yang akan dilakukan melalui tiga tahap yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan anlisis deskriptif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa : (1) Bentuk-bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan siswa SMA AL-MA’ARIF Mataram yaitu membolos, mencuri, berkelahi, melawan guru, membuat kegaduhan di kelas, free seks, merokok, balapan motor, melakukan pemerasan disekolah. (2) Faktor-faktor penyebab siswa melakukan perilaku menyimpang yaitu, faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal terdiri dari faktor frustasi, bakat yang tidak tersalurkan, dan emosional. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor ketidak nyamanan berada bersama keluarga, kemudian tidak nyaman dengan susasana lingkungan sekolah, dan siswa merasa tidak nyaman berada dilingkungan tempat tinggalnya, dan (3) Perilaku menyimpang yang dilakukan siswa tidak selamanya berimplikasi negatif terhadap prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku menyimpang, implikasi, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:17
Last Modified: 13 Jul 2018 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item