Kontribusi MGMP PKn SMP Terhadap Profesional Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif Di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu

SURYANI, LILIS (2010) Kontribusi MGMP PKn SMP Terhadap Profesional Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif Di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
paten skripsiku.doc
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Guru diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral didalam pelaksanaan proses pembelajaran.Guru akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang,tentu tidak lain berkaitan dengan kinerja dan totalitas dedikasi loyalitas dan pengabdianya. Menjadi guru yang profesional adalah tuntutan utama pada zaman sekarang ini, guru harus mampu membawa peserta didiknya untuk aktif pada saat proses pembelajaran, guru harus mampu menggunakan strategi, metode atau model pembelajaran pada saat proses belajar mengajar agar siswa lebih aktif dan antusias pada saat proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana bentuk kegiatan MGMP PKn di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, dan apakah ada kontribusi MGMP PKn terhadap profesional guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan MGMP PKn di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu dan untuk mengetahui apakah ada kontribusi MGMP PKn terhadap profesional guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif pengumpulan data di lakukan melalui studi dokumentasi wawancara dan observasi lapangan keadaan perfomance penanggung jawab MGMP kepala sekolah guru peserta MGMP. Data tersebut di olah dan di analisis selama dan setelah kurun waktu pengumpulan data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penyelenggaraan MGMP dapat membantu meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para pesertanya. Di samping itu MGMP juga merupakan sarana untuk menyamakan persepsi tentang materi pembelajaran. Membahas masalah-masalah yang di hadapi oleh guru dalam melaksanakan tugasnya, kemudian di carikan Solusinya menurut kesepakatan bersama dari para peserta MGMP yaitu guru maupun tutor. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penyelenggaraan MGMP diseluruh sekolah di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu belum tercapai sepenuhnya, dalam kesiapan administrasi guru yang masih ada guru yang belum melengkapi administrasi kesiapan untuk mengajar. Dalam penggunaan media atau sumber pembelajaran guru masih jarang menggunakan metode,media atau sumber lain selain buku teks dan LKS. Hambatan dalam penyelenggaraan kegiatan MGMP ini menyangkut masalah dana dan nara sumber sarana dan prasarana, namun semua kendala tersebut dapat di atasi sehingga kegiatan MGMP dapat berjalan dengan lancar. MGMP merupakan sarana yang paling mudah di laksanakan dalam upaya meningakatkan profesional guru PKn, karena sifatnya dari dan oleh guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Profesional Guru, MGMP, Pembelajaran Inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:16
Last Modified: 13 Jul 2018 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item