HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

SATRYA PRANGGA, SATRYA PRANGGA (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMPN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPA peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto dengan rumusan hipotesis asosiatif. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Pringgabaya pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sebanyak 347 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin yakni sebanyak 186 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan korelasi product moment. Uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel (lingkungan keluarga dan hasil belajar IPA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPA dengan perolehan nilai r hitung > r tabel (0.175 > 0.138) pada tingkat kesalahan 5%. Nilai koefisien korelasi (0.175) menunjukkan tingkat hubungan yang sangat rendah. Nilai koefisien determinasi (r2) = 0.030, hal ini berarti bahwa hasil belajar IPA peserta didik ditentukan oleh lingkungan keluarga sebesar 3.09%, sedangkan 96.91% ditentukan oleh faktor lain di luar lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: hubungan, lingkungan keluarga, hasil belajar IPA
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:15
Last Modified: 13 Jul 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5712

Actions (login required)

View Item View Item