Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X- B Putra SMA Muhammadiyah Mataram pada Mata Pelajaran PKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Rahmawati, Sri (2010) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X- B Putra SMA Muhammadiyah Mataram pada Mata Pelajaran PKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X-B Putra SMA Muhammadiyah Mataram mata pelajaran PKn melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-B Putra SMA Muhammadiyah Mataram sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/ observasi, dan (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan melalui tes pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model kooperatif tipe jigsaw ditunjukkan dengan persentase minimal 80%, dan untuk hasil belajar kognitif siswa yaitu apabila KKM ≥ 6,75 dan dicapai oleh siswa sekurang-kurangnya 85% dari populasi. Berdasarkan observasi aktivitas siswa dan guru pada siklus I belum mencapai 85% yaitu baru mencapai 64,42%, begitu juga pada siklus II baru mencapai 78,94%. Pada siklus III aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan mencapai 94,78%. Demikian juga dari tes hasil belajar kognitif siswa diperoleh data pada siklus I dengan hasil belajar rata- rata dari 36 siswa adalah 70 dengan persentase 77,78% mencapai KKM (6,75). Kemudian pada siklus II hasil belajar rata- rata siswa adalah 78,33 dengan persentase 83,33% mencapai KKM (6,75). Pada siklus III dari 36 siswa diperoleh hasil belajar rata-rata 91,25 dengan persentase 97,22% mencapai KKM (6,75). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X-B Putra SMA Muhammadiyah Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw, Aktivitas Guru dan Siswa, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:13
Last Modified: 13 Jul 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item