STRATEGI PEMASARAN USAHA BUAH NANAS MADU DI MATARAM

ici Aulia Izzati, Baiq (2018) STRATEGI PEMASARAN USAHA BUAH NANAS MADU DI MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran usaha buah nanas madu di Kota Mataram; (2) Memforrmulasikan strategi pemasaran usaha buah nanas madu di Kota Mataram. Daerah penelitian ini ditentukan secara purposive sampling yaitu di Kota Mataram. Penentuan responden dilakukan dengan metode sensus yaitu berjumlah 26 usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) usaha buah nanas madu di Kota Mataram. Kekuatannya adalah: (a) rasa buah nanas madu yang manis, (b) harga buah nanas madu terjangkau, (c) bahan baku mudah ditemukan, (d) keuntungan usaha nanas madu yang relatif tinggi. Kelemahannya adalah: (a) keterbatasan modal, (b) manajemen usaha masih lemah, (d) buah yang mudah busuk. Peluangnya adalah: (a) permintaan pasar yang tinggi, (b) khasiat buah nanas madu, (c) Kesadaran masyarakat. Ancamannya adalah: (a) adanya buah substitusi, (b) adanya pedagang lain, (c) gangguan hujan. (2) Strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh usaha pemasaran buah nanas madu adalah pertumbuhan agresif (growth oriented strategy) yaitu meningkatkan jumlah penjualan buah nanas madu dengan cara memberbanyak membeli buah nanas madu di tempat pusat- pusat produksi buah nanas madu dan membuka cabang-cabang usaha buah nanas madu di tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nanas madu, strategi pemasaran, usaha pemasaran, SWOT
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:13
Last Modified: 13 Jul 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5735

Actions (login required)

View Item View Item