Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar siswa dalam Pembelajaran PKn Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 2 Aikmel

ABIDIN, ZAENAL (2010) Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar siswa dalam Pembelajaran PKn Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 2 Aikmel. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ACC Skripsi bab 1.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (239MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menemukan upaya guru dalam meningkatkan kerjasama siswa untuk menyelesaikan tugas kelompoknya dan meningkatkan prestasi belajar siswa dalam benetuk hasil tes pada mata pelajaran PKn melalui metode Cooperative Learning tipe STAD. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk siklus yang melibatkan kerjasama antara guru pelaksana dengan peneliti. Pengumpulan data terhadap hasil tindakan menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar penilaian yang disusun oleh peneliti. Data yang bersifat kualitatif diolah dan dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verifikasi. Untuk data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan paparan sederhana dalam bentuk prosentase. Penelitian ini berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Kesimpulan ini diambil berdasarkan implementasi pembelajaran menggunakan metode Cooperatif Learning tipe STAD sebagai metode ternyata dapat: pertama, meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran baik pada tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan kelas. Kedua, dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran baik dalam menyelesaikan tugas kelompok dan pada saat mempresentasikan hasil diskusinya. Hal ini ketika siswa mengerjakan tugas kelompok dengan kemampuan para anggota kolompok aktif, kreatif, dan bertanggung jawab. Ketiga, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bentuk hasil tes belajar. Dimana siswa terlihat mampu menguasai materi yang telah diajarkan oleh guru secara individu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Leraning tipe STAD, Kerjasama, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:13
Last Modified: 13 Jul 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5737

Actions (login required)

View Item View Item