PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EKSPERIMEN VIRTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Muthmainnah, - (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EKSPERIMEN VIRTUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
MUTHMAINNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran fisika berbasis eksperimen virtual terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 5 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen berturut-turut adalah 78,75 dan 78,20, sementara nilai rata-rata motivasi dan hasil belajar kelas kontrol berturut-turut adalah 68,29 dan 64,67. Data motivasi kedua kelas tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh data hasil belajar keduanya tidak homogen. Data motivasi dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung berturut-turut sebesar 6,10 dan 5,18. Nilai ttabel untuk data motivasi dan hasil belajar berturut-turut sebesar 1,99 dan 2,04, pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, artinya terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar fisika antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran fisika berbasis eksperimen virtual berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Eksperimen Virtual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Fisika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:13
Last Modified: 30 Aug 2017 06:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item