UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X AP-2 SEMESTER 2 DI SMKN 1 MATARAM

RAHMAWATI, EMI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X AP-2 SEMESTER 2 DI SMKN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi BAB I, II dan III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X AP-2 semester 2 SMKN 1 Mataram melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Adapun subjek dalam penelitian sebanyak 38 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Satu siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/observasi, dan 4) refleksi. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I pelaksanaan pembelajaran model Cooperative Learning tipe TGT ketercapaiannya hanya 79,31%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,10% dan 96,55% pada siklus III. Demikian juga dari analisis keaktifan siswa diperoleh bahwa keaktifan siswa pada siklus I ketercapaiannya hanya 23,68%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 71,05% dan 86,84% pada siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X AP-2 semester 2 SMKN 1 Mataram. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT yang mampu meningkatkan keaktifan siswa yaitu TGT yang tahap pelaksanaannya meliputi: 1) penyajian kelas, 2) belajar kelompok dan 3) games tournament. Pada saat penyajian kelas, siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat/tanggapan, menjawab, serta mengajukan pertanyaan. Selanjutnya pada kegiatan belajar kelompok semua anggota kelompok mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat/tanggapan, membaca, menulis/mencatat serta menjawab. Pada kegiatan games tournament siswa membaca soal game, menulis/mencatat serta menjawab. Dengan demikian, maka keaktifan siswa kelas X AP-2 SMKN 1 Mataram dapat meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT), pembelajaran PKn, dan keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:13
Last Modified: 13 Jul 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item