UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING DI KELAS IX D SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

SUFIANITA, ENI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KANCING GEMERINCING DI KELAS IX D SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
pedang 2003.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran PKn dan hasil belajar PKn yang menggunakan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing, pelaksanaan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing dalam pembelajaran PKn, peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar PKn yang menggunakan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima prosedur penelitian yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi, dan (5) reviuw dan revisi. Faktor-faktor yang diteliti adalah faktor guru dan faktor siswa. Data penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, data tindakan guru yang menggunakan Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing dan data proses kualitas pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui evaluasi tes tertulis dan hasil diskusi kelompok. Data-data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila (1) penyusunan RPP memenuhi 80% dari indikator-indikator yang disusun sebagai pedoman observasi penyusunan RPP, (2) guru mampu menerapkan 80% dari tahap-tahap pembelajaran yang menggunakan Cooperative Learning teknik Kancing Gemerincing, (3) proses kualitas pembelajaran siswa mencapai skor ≤ 75, (4) dan hasil belajar siswa mencapai nilai ≤ 75. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penyusunan RPP telah memenuhi 80% dari indikator-indikator yang ditetapkan. Tindakan guru dari siklus I, siklus II, dan siklus III selalu mencapai 100%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai skor ≤ 75 adalah 49,99% (13 orang), siklus II 100% (29 orang), dan siklus III 100% (30 orang). Jumlah siswa yang mencapai nilai ≤ 75 pada siklus I adalah 46,15% (12 siswa), siklus II 72,41% (21 siswa), dan siklus III 100% (30 siswa). Dengan demikian penerapan Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran PKn di kelas IXD SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cooperative Learning Teknik Kancing Gemerincing, kualitas proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:13
Last Modified: 13 Jul 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5742

Actions (login required)

View Item View Item