PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017.

HARDI, AHMAD FAEZUL (2017) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 GERUNG UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanan penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara Tahun Ajaran 2016/2017, yang disebabkan oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan siswa juga belum bisa menguraikan kembali materi yang telah diajarkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 1 Gerung Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Sedangkan yang menjadi sampelnya, adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Dari tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata hasil pre-tes kelas eksperimen sebesar 60,14 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 54,28. Setelah diberikan perlakuan kemudian diberikan tes akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 74,14, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 64,57. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1+n2-2 = 35+35-2 = 68. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 3,492, sedangkan ttabel sebesar 1,712, karena thitung ≥ ttabel (3,492 > 1,712), maka Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima, adalah hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi ada pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Gerung Utara Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audio Visual, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 06:13
Last Modified: 30 Aug 2017 06:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item