PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 27 AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SELVIANA LORU MILLA, SELVIANA LORU MILLA (2018) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) PADA KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 27 AMPENAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SELVIANA LORU MILLA.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) Pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 73 orang siswa. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes keterampilan menulis puisi dengan menggunakan rubrik dan lembar observasi. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan rumus uji-t yakni uji Polled Varians pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen yaitu 53 dan rata-rata nilai Pretest kelas kontrol 56,361. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh rata-rata Posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 74,405 dan kelas kontrol sebesar 67,611. Hasil thitung uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,32, sedangkan hasil perolehan ttabel dengan menggunakan rumus interpolasi sebesar 1,9963. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung ≥ ttabel pada taraf signifikan 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan penggunaan metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 27 Ampenan tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method), Keterampilan Menulis Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:03
Last Modified: 13 Jul 2018 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5753

Actions (login required)

View Item View Item