TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY A Study at MTs Negeri 3 Mataram in Academic Year 2017/2018

Edy Pratama, Edy Pratama (2018) TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH VOCABULARY A Study at MTs Negeri 3 Mataram in Academic Year 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Edy.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) strategi guru dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris. (2) kendala yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas terkait strategi yang digunakan. (3)pemecahan masalah dalam strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Mataram. Ada tiga guru Bahasa Inggris di MTs Negeri 3 Mataram yang mengajar dan mempunyai tugasnya masing-masing, kelas tujuh diajar oleh Ibu Kholida Husniati,S.pd dan kelas delapan diajar oleh Bapak Sihabuddin, S.pd dan Bapak Martajaya, S.pdi. penelitian ini megumpulkan data di tiga kelas. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan Observasi, Wawancara dan Rekaman sebagai langkah-langkah pengumpulan data. Data di analisis dengan coding, data reduction, data display dan gambaran kesimpulan. Berdasarkan pada pengumpulan data, penelitian ini menyimpulkan bahwa guru Bahasa Inggris di MTs Negeri 3 Mataram menggunakan strategi kognitif (pengulangan dan drilling, gambar, permainan, terjemahan,), strategi meta-kognitif (berpikir keras) dan strategi sosio-afektif (kerja berpassangan) di dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris di MTs Negeri 3 Mataram. Tapi, guru-guru disana sering menggunakan strategi kognitif yang menyertakan pengulangan dan drilling, gambar, permainan, terjemahan saat mereka mengajarkan kosakata Bahasa Inggris. Strategi-strategi itu membuat siswa lebih tertarik, menikmati, fokus, dan mudah untuk memahami materi yang guru ajarkan kepada mereka. Bagaimanapun, guru harus mengetahui apa strategi yang tepat dan berhasil untuk siswa mereka. Guru harus mempertimbangkan ketertarikan siswa dan respon siswa dalam memilih strategi yang digunakan. Guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan dan memodifikasi strategi mereka dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris. Dan juga, guru harus memperhatikan level siswa juga yang berkaitan dengan gaya belajar, umur, tingkat kedewasaan dan pengalaman mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi Mengajar, Kosakata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:03
Last Modified: 13 Jul 2018 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item