HOMONIMI BAHASA SASAK DI DESA BANJAR SARI KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Herlina, Nopita (2016) HOMONIMI BAHASA SASAK DI DESA BANJAR SARI KECAMATAN LABUHAN HAJI LOMBOK TIMUR DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
Nopita Herlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah jenis homonimi bahasa Sasak Desa Banjar Sari? (2) bagaimanakah makna homonimi bahasa Sasak Desa Banjar Sari? dan (3) bagaimanakah relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis homonimi bahasa Sasak Desa Banjar Sari dan makna kata yang berhomonim pada konteks kalimat dalam bahasa Sasak Desa Banjar Sari, khususnya kehomonimian antarkata dan hubungan dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, metode cakap tehnik pancing, dan metode introspektif. Dalam metode analisis data digunakan metode padan ekstralingual, sedangkan dalam hal ini penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis homonimi antarkata berkategori verba, nomina, preposisi dan adjektiva, (2) makna homonimi yaitu para pembaca dapat mengetahui setiap makna yang berhomonim (3) homonimi bahasa Sasak Desa Banjar Sari dapat dijadikan relevansi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X semester ganjil sesuai dengan kurikulum KTSP. Dalam Kompetensi Dasar 5.2 mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun secara rekaman dengan kurukulum KTSP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): homonimi, makna dan pembelajaran bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:57
Last Modified: 30 Aug 2017 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item