ANALISIS INTERAKSI DAN KONFLIK SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JIWA DI TITIK NOL KARYA HABIB HIDAYAT SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA

FATMAWATI, NOVI EKA (2017) ANALISIS INTERAKSI DAN KONFLIK SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL JIWA DI TITIK NOL KARYA HABIB HIDAYAT SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa)
E1C113113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas “Analisis Interaksi dan Konflik Sosial Tokoh Utama dalam Novel Jiwa di Titik Nol Karya Habib Hidayat Sebuah Kajian Sosiologi Sastra”. Penelitian ini memiliki dua Rumusan masalah yaitu: (1) bagaimanakah bentuk interaksi sosial tokoh utama dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat? dan (2) bagaimanakah bentuk konflik sosial tokoh utama dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat? Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan bentuk interaksi sosial tokoh utama dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat, dan (2) mendeskripsikan bentuk konflik sosial tokoh utama dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naratif, karena memfokuskan pada kajian dengan mendeskripsikan bentuk interaksi sosial dan konflik sosial dengan menggunakan kata-kata, kalimat yang terdapat dalam novel Jiwa di Titik Nol karya Habib Hidayat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kepustakaan dan metode catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu dengan mengidentifikasi, mengklasisfikasikan, menganalisis data, dan menyimpulkan hasilnya. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat bentuk interaksi sosial dan konflik sosial dalam novel Jiwa di Titik Nol. Bentuk interaksi sosial terdiri atas (1) asosiatif meliputi kerja sama dan akomodasi, (2) disasosiatif meliputi persaingan, kontravensi, dan pertentangan. Sedangkan bentuk konflik sosial akibat interaksi sosial, yaitu (1) kerja sama dan pertentangan menghasilkan konflik antarpribadi dan konflik pertandingan antagonistik, (2) persaingan dan kerja sama menghasilkan konflik hukum, (3) konflik pertandingan antagonistik yang terjadi antara tokoh Aku, tokoh Orang Sombong, dan tokoh Pak Polisi merupakan hasil dari kontravensi dan kerja sama, (4) interaksi sosial yang terjadi antara tokoh Aku, Pak Kyai, Bu Nyai, dan Nia menghasilkan konflik antarpribadi, pertentangan menghasilkan konflik hukum, interaksi kerja sama dan pertentangan menghasilkan konfllik dalam hubungan intim, (5) akomodasi antara tokoh Aku dan Pemalak menghasilkan konflik antarpribadi, (6) interaksi kerja sama antara tokoh Aku dengan tokoh Pelacur menghasilkan konflik hubungan intim, konflik hukum, dan konflik antarpribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): interaksi sosial, konflik sosial, dan novel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:56
Last Modified: 15 Aug 2017 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item