PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SAFINA, MELLY (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL MELLY SAFINA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PKn kelas VII SMP Negeri 19 Mataram tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test and post-test group, untuk. Desain ini melibatkan dua kelompok subyek, kemudian diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dimana subyek kelompok eksperimen kelas VII-D dan kelompok kontrol kelas VII-C dengan jumlah subyek 95 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 25 soal yang dinyatakan valid dari 40 soal yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pre-test sebesar 52,67 dan hasil post-test sebesar 71,33. ini berarti bahwa hasil post-test lebih tinggi dibandingkan hasil pre-test. Maka terdapat perbedaan antara hasil pre-test (sebelum perlakuan) dengan hasil post-test (sesudah perlakuan). Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t pollan varians dan diperoleh thitung (1.896) > ttabel (1,661) dengan Dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan kelas konrol menggunakan metode diskusi. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar PKn, pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:00
Last Modified: 14 Jul 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5801

Actions (login required)

View Item View Item