PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ASTUTI, ASTUTI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran merupakan masalah penting terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Mataram. Tujuan Penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT)terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pra eksperimen (pre eksperimental design) dengan jenis One Group Pre test Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5Mataram yang terdiri dari 9 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 5 kelas yaitu kelas VII-A, VII-B, VII-F, VII-G, VII-Hdengan jumlah sampel 211 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 24 soal yang dinyatakan valid dari 40 soal yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil pre-test sebesar 44,84 dan hasil post-test sebesar 73,23. Ini berarti bahwa hasil pre-test lebih rendah dibandingkan hasil post-test. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t dan diperoleh t hitung (30,89) > t tabel (1,638) dengan Db = N-1 pada taraf signifikan 5%. Maka terdapat perbedaan antara hasil pre-test (sebelum perlakuan) dengan hasil post-test (sesudah perlakuan),sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pendekatan Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Cooperative Learningtipe Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas VII di SMP Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar PKn, pre eksperimental design, dan pendekatanCooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 03:59
Last Modified: 14 Jul 2018 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item