TREND KEPRIBADIAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus, Deskriptif - Komparatif terhadap Siswa Kelas VI SDN 2 Cakranegara Tahun 2017) TREND OF STUDENTS PERSONALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT Case Study, Descriptive – Comparative toward Students Of Grade 6 in SDN 2 Cakranegara Year 2017)

Desriyanti, Meina (2017) TREND KEPRIBADIAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus, Deskriptif - Komparatif terhadap Siswa Kelas VI SDN 2 Cakranegara Tahun 2017) TREND OF STUDENTS PERSONALITY AND LEARNING ACHIEVEMENT Case Study, Descriptive – Comparative toward Students Of Grade 6 in SDN 2 Cakranegara Year 2017). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Meina Desriyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepribadian merupakan bagian dari jiwa yang membangun keberadaan manusia menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga menjadikan setiap individu unik dalam tingkah lakunya dan mempengaruhi penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Hippocrates membagi kepribadian ke dalam empat tipe yaitu Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Phlegmatis. Kecenderungan tipe kepribadian mempengaruhi peserta didik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, termasuk lingkungan belajar. Lingkungan belajar dan motivasi merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 2 Cakranegara Tahun 2017 ditinjau dari kecenderungan tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, deskriptif dan komparatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Cakranegara dengan jumlah siswa 156. Pengukuran variabel kecenderungan tipe kepribadian siswa menggunakan tes kepribadian yang dikembangkan oleh Florence Littauer (1996) kemudian disesuaikan untuk siswa SD kelas VI. Pengukuran variabel prestasi belajar menggunakan dokumen prestasi belajar siswa yang termuat dalam raport semester I. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh nilai X2 tabel = 21,026 dan X2 hitung = 8,888. Hasil analisis menunjukkan bahwa X2 tabel > X2 hitung, hal ini berarti bahwa H0 yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 2 Cakranegara tahun 2017 ditinjau dari kecenderungan tipe kepribadian diterima

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecenderungan Tipe Kepribadian Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:56
Last Modified: 30 Aug 2017 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item