ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN LANGKAH-LANGKAH PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 DUMAN TAHUN 2017

RAHMATYAS, SRI (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN LANGKAH-LANGKAH PERBAIKANNYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 1 DUMAN TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Sri Rahmatyas (E1E013048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, dan langkah- langkah perbaikan yang dilakukan oleh guru kelas III SDN 1 Duman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Duman yang berkesulitan belajar pada mata pelajaran matematika, dan guru kelas. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan Interactive Analysis Metode. Dalam memperoleh keabsahan data peneliti melakukan uji credibility dan confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berkesulitan belajar pada pokok bahasan operasi hitung campuran, menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang, satuan panjang, pecahan sederhana, dan menghitung luas keliling persegi dan persegi panjang. Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika yaitu kesulitan memahami maksud soal, kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam memahami simbol dan kesulitan dalam perhitungan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal diantaranya, kecerdasan rendah, sikap kurang memperhatikan pembelajaran, minat belajar rendah, motivasi belajar rendah dan faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, suasana belajar di rumah kurang kondusif, kondisi lingkungan, pengaruh media massa, penyajian materi pembelajaran kurang menarik, metode pembelajaran kurang bervariasi, jarangnya media pembelajaran digunakan, dan sarana pembelajaran belum lengkap. Langkah-langkah perbaikan yang telah dilakukan oleh guru kelas adalah guru memberikan perhatian kusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar, guru berusaha mendekatkan diri dengan siswa, guru menyuruh siswa menghafal perkalian, memberikan tambahan pelajaran, dan guru juga melakukan kegiatan remedial. Rekomendasi pemecahan masalah pada siswa berkesulitan belajar matematika yang berasal dari dalam diri siswa dilakukan dengan menciptakan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar dilakukan dengan melakukan remedial teaching dan mengunakan metode yang bervariatif sedangkan kesulitan yang berasal dari luar diri siswa perlu dilakukan seperti melengkapi sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesulitan Belajar, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:56
Last Modified: 30 Aug 2017 04:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item