PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 10 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH

WAHIDA, HERA PARLINA (2013) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 10 MATARAM MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PKn SISWA KELAS IX F SMP NEGERI 10 MATARAM MELALUI PENERAPAN Hera Parlina Wahida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas IX F SMP Negeri 10 Mataram, yaitu rendahnya kualitas proses dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara menerapkan metode Cooperative Learning tipe Make A Match yang efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kognitif PKn siswa kelas IX F SMP Negeri 10 Mataram. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas IX F SMP Negeri 10 Mataram yang berjumlah 39 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus dan satu siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observing); dan (4) analisis dan refleksi (reflecting). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kualitas proses dan hasil belajar kognitif PKn siswa kelas IX F SMP Negeri 10 Mataram. Data tentang kualitas proses belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi/pengamatan dan metode wawancara digunakan untuk memaknai peristiwa dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, serta metode wawancara dilakukan untuk mengungkap “kemengapaan” dari siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan terendah berdasarkan hasil tes belajar kognitif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode Cooperative Learning tipe Make A Match ditunjukkan dengan persentase minimal 85% dan untuk hasil belajar siswa yaitu apabila 75% siswa mampu mencapai KKM ≤ 75. Penerapan metode Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kognitif PKn siswa kelas IX F SMP Negeri 10 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Data kualitas proses pembelajaran pada siklus I menunjukkan persentase ketercapaian deskriptor sebesar 78,05% dan hasil belajar kognitif PKn siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 69,23%. Hal tersebut berarti indikator kinerja variabel tindakan dan harapan belum tercapai. Sedangkan data kualitas proses pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketercapaian deskriptor sebesar 100% sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar kognitif siswa dengan ketuntasan klasikal 92,31%. Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, guru perlu melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan dengan memilih metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa dapat membangun dan mengembangkan kemampuannya. Melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe Make A Match, siswa dilatih untuk bekerjasama dan kompak dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Proses belajar mengajar yang dilaksanakan dapat efektif dan efisien apabila tesedia sumber belajar yang memadai sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitas Proses, Hasil Belajar Kognitif PKn, Metode Cooperative Learning Tipe Make A Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Jul 2018 04:28
Last Modified: 14 Jul 2018 04:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5831

Actions (login required)

View Item View Item