UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IX B SMPN 18 MATARAM MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN

MAHSUM, MAHSUM (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IX B SMPN 18 MATARAM MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN PKN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.rtf

Download (972kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab siswa Kelas IX B SMPN 18 Mataram melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas IX B SMPN 18 Mataram yang berjumlah 17 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Data pelaksanaan pembelajaran dan tanggung jawab siswa dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan data perencanaan pembelajaran dikumpulkan melalui tehnik dokumenter. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai ≥ 85%. Sementara keaktifan tiap siswa ≥ 80%. dan tanggung jawab tiap siswa ≥ 80% dan ketuntasan secara klasikal mencapai ≥ 75% dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai variabel tindakan pada siklus I, indikator kinerja variabel tindakan tercapai 27 deskriptor (84%,) kemudian pada siklus II meningkat mencapai 31 deskriptor (97%) dari 32 deskriptor. Jumlah ini telah mencapai indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar ≥85%. Mengenai keaktifan siswa, pencapaian kategori keaktifan pada siklus I 10 siswa (59%), siklus II 16 siswa (94%) dari 17 siswa. Sedangkan data tanggung jawab (hasil belajar afektif) siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa yang mencapai kategori bertanggung jawab pada siklus I 13siswa (76%), siklus II 17 siswa (100%) dari 17 siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan, Tanggung Jawab, dan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:23
Last Modified: 17 Jul 2018 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item