FENOMENA JUDI ONLINE PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MATARAM

MACHSUN S., LALU M. (2015) FENOMENA JUDI ONLINE PADA KALANGAN MAHASISWA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses mahasiswa mengenal hingga terlibat dalam permainan judi online, faktor pendorong yang menyebabkan mahasiswa bermain jdui online menggambarkan dampak yang diterima mahasiswa setelah keikutsertaan mereka dalam permainan judi online. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan memilih lokasi di Kota Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang terlibat langsung dalam permainan judi online berjumlah 8 orang. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan model analisis, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses awal mahasiswa mengenal akan keberadaan judi online berawal dari interaksi yang dilakukan dengan sesama mahasiswa, baik mahasiswa yang berada dalam satu kampus maupun yang berada dalam satu tempat tinggal dengan mereka yang telah lebih dulu mengetahui dan terlibat dalam permainan judi online. Adapun pola interaksinya yaitu pertama, melalui cerita-cerita atau omongan. Kedua, melalui ajakan teman sebaya. Ketiga, melalui proses belajar sendiri. (2) Dari proses interaksi tersebut, kemudian memunculkan rasa ketertarikan dalam diri mereka untuk ikut serta di dalamnya yang didorong atas beberapa hal, diantaranya adalah longgarnya kontrol dari orang tua, keuntungan yang mungkin didapatkan, situasional, keinginan untuk mencoba, persepsi akan sebuah ketrampilan, serta menambah keseruan dalam menyaksikan sebuah pertandingan. (3) Dengan keikutsertaan mahasiswa dalam permainan judi online, mereka juga merasakan dampak yang ditimbulkan. Dampak tersebut antara lain meliputi dampak terhadap akademik, dampak terhadap kesehatan, dampak terhadap ekonomi, serta dampak terhadap kepribadian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mahasiswa, Judi Online, Teknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:23
Last Modified: 17 Jul 2018 04:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item