UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS IXC SMPN 1 KEDIRI

DAHLAN, DAHLAN (2015) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS IXC SMPN 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap tanggungjawab dan hasil belajar siswa kelas IXC SMPN 01 Kediri pada Mata Pelajaran PPKn melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru PPKn kelas IXC SMPN 1 Kediri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai variabel tindakan dan tanggungjawab dan hasil belajar siswa sebagai variabel harapan. Pada siklus I indikator kinerja variabel tindakan tercapai 87,5%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 100%. Jumlah ini telah melampaui kriteria indikator kinerja variabel tindakan yang ditetapkan sebesar ≥96%. Pada siklus I sikap tanggungjawab tercapai sebesar 69,23% dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 84,61%. Ini berarti telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu ≥80%. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II meningkat mencapai 92,30%. Persentase ini melebihi target yang ditentukan pada indikator kinerja sebesar ≥85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan tanggungjawab dan hasil belajar Siswa Kelas IXC SMPN 1 Kediri pada Mata Pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, hasil belajar, problem based learning vii
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:21
Last Modified: 17 Jul 2018 04:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item View Item