UPAYA PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D MELALUI PENERAPAN METODE VCT TIPE LECTURING PADA MATA PELAJARAN PKN DI MTS NEGERI 3 MATARAM

WAHYUNINGSI, IIN (2015) UPAYA PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D MELALUI PENERAPAN METODE VCT TIPE LECTURING PADA MATA PELAJARAN PKN DI MTS NEGERI 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RABIATUSSA'DIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan studi pendahuluan yang menunjukkan rendahnya sikap toleransi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D MTsN 3 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Berdasarkan pada kajian latar belakang timbulnya masalah, maka tindakan yang dipilih adalah pendekatan berbasis nilai dengan metode Value Clarification Technique (VCT) Tipe Lecturing. Adapun objek dalam penelitian ini adalah guru PKn dan siswa kelas VIII-D MTsN 3 Mataram yang berjumlah sebanyak 42 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Researh) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data tentang penerapan metode pembelajaran oleh guru, sikap toleransi dan hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan wawancara. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator kinerja dalam penelitian ini adalah apabila penerapan metode VCT Tipe Lecturing oleh guru mencapai ≥85%, sikap toleransi siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode VCT Tipe Lecturing secara individual mencapai 75% dan secara klasikal mencapai ≥85% serta hasil belajar melalui tes individual setelah penerapan metode VCT Tipe Lecturing secara individual mencapai 75 dan secara klasikal mencapai ≥85%. Dari hasil analisis datadiketahui terjadi peningatan indikator kinerja variabel tindakan dalam penerapan metode VCT Tipe Lecturing yaitu pada siklus I mencapai 78% kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 100%, melampaui target yang ditentukan yaitu 85%. Sikap toleransi siswa dengan penerapan metode VCT Tipe Lecturing pada siklus I siswa yang tergolong tinggi 28%, cukup 54% dan rendah 19%, kemudian pada siklus II siswa yang tergolong tinggi 88%, cukup 10% dan rendah 9%. Hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan metode VCT Tipe Lecturing pada siklus I mencapai 57% kemudian pada siklus II mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode VCT Tipe Lecturing dapat meningkatkan sikap toleransi dan hasil belajar siswa kelas VIII-D MTsN 3 Mataram pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode VCT Tipe Lecturing, Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:21
Last Modified: 17 Jul 2018 04:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item