PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARN GROUP INVESTIGASI INQUIRY (GII) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA PADA PEMBELAJARAN PPKn

Karisma, Desy (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARN GROUP INVESTIGASI INQUIRY (GII) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PRAYA BARAT DAYA PADA PEMBELAJARAN PPKn. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. JURNAL.docx

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation Inquiry (GII) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Praya Barat Daya pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan desain equevalent control group. Sampel di dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.2 sebagai kelas eskperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test sebesar 58,25 dan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 69,16. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t polled varians dan diperoleh thitung (5,64) > ttabel (1,67) dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikansi 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran group investigation inquiry (GII). Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran GII terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Praya Barat Daya pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penggunaan, model pembelajaran group investigtaion inquiry, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:20
Last Modified: 17 Jul 2018 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item