HANDAYANI, RATIH (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VIIIB PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
RATIH HANDAYANI E1B010009.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VIIIB SMPN 11 Mataram melalui penerapan metode pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran Number Head Together muncul 17 deskriptor (68%) dari 25 deskriptor (100%). Selanjutnya pada siklus II muncul 21 deskriptor (84%). Kemudian pada siklus III muncul 25 deskriptor (100%). Pengembangan keterampilan sosial pada siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I muncul 3 deskritor (33,33%). Kemudian pada siklus II muncul 8 deskriptor (88,89%). Selanjutmya pada siklus III muncul 9 deskriptor (100%).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran Number Head Togethe |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 04:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 04:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5914 |
Actions (login required)
View Item |