PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMKN 1 MATARAM

Damayanti, Yunita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMKN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Yunita Damayanti (NIM E1B 012 052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini, kelas X AK 1 dan X AK 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda sebab akibat sebanyak 15 soal yang memenuhi validitas dan reliabelitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 75,09 pada kelas eksperimen dan 64,75 pada kelas kontrol. Adapun hasil uji-t adalah thitung (4,936) > ttabel (2,021) pada taraf signifikan 5%. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMKN 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:20
Last Modified: 17 Jul 2018 04:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item View Item