Damayanti, Yunita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMKN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Yunita Damayanti (NIM E1B 012 052).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran PPKn di SMKN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini, kelas X AK 1 dan X AK 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda sebab akibat sebanyak 15 soal yang memenuhi validitas dan reliabelitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 75,09 pada kelas eksperimen dan 64,75 pada kelas kontrol. Adapun hasil uji-t adalah thitung (4,936) > ttabel (2,021) pada taraf signifikan 5%. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran PPKn di SMKN 1 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 04:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 04:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5918 |
Actions (login required)
View Item |