PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ni Nyoman Tiara Trianovita, Ni Nyoman Tiara Trianovita (2018) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI - NI NYOMAN TIARA TRIANOVITA - E1E014040 - PGSD FKIP UNRAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran IPS siswa kelas V, mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V setelah diterapkannya metode hypnoteaching, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN 37 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 37 yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data penerapan metode hypnoteaching, hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik, selanjutnya metode tes objektif untuk memperoleh data hasil belajar aspek kognitif, dan metode dokumentasi untuk memperoleh data berupa foto kegiatan pembelajaran. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t-test polled varian serta analisis lembar observasi hasil belajar afektif dan psikomotorik. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa di kelas eksperimen sebesar 80,55 dan psikomotorik sebesar 96,2 yang keduanya lebih besar dari KKM yakni 76, selanjutnya diperoleh thitung 2,439 sedangkan ttabel 2,005 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa ada pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018. Kontribusi metode hypnoteaching dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas V sebesar 9,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:18
Last Modified: 17 Jul 2018 04:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item