PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 KURIPAN

RISMAWATI, EKA (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 KURIPAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
EKA RISMAWATI E1B012010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media LKS terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 kuripan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 18 Juli sampai 18 Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes pilihan ganda sebanyak 24 soal yang dinyatakan valid dari 30 soal yang ada. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung 3.5771 dan ttabel 1,684 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung> ttabel (3,5771 > 1,684), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media LKS lebih baik daripada model pembelajaran biasa, Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan media LKS berpengaruh terhadap hasil belajar PPKN siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar PPKn, Snowball Throwing, LKS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:17
Last Modified: 17 Jul 2018 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item View Item