SURDINATA, MAHA (2017) PENGARUH MODEL PROBLEMSOLVING VS PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA SMK NEGERI 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
MAHA SURDINATA E1B011028.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penerapan model problem solving dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMKN 4 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan nonequivalen control group design dan dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari sampai dengan 14 Februari 2016. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket sebanyak 17 item yang dinyatakan valid dari 25 item dan tes sebanyak 19 soal dari 25 soal yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan thitung = (0.3158) <tTabel (2.0153) untuk kemampuan berpikir kritis dan thitung (1.4363) <tTabel (2.0153) untuk hasil belajar siswa dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data dan pembahasan menyimpulkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa PPKn yang menerapakan model problem solving dan problem posing tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 yang menerapkan model problem posing dengan kelas eksperimen 2 yang menerapkan model problem solving pada mata pelajaran PPKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Problem Solving, Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar PPKn, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2018 04:17 |
Last Modified: | 17 Jul 2018 04:17 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5950 |
Actions (login required)
View Item |