HUBUNGAN KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS VII KECAMATAN NARMADA) TAHUN AJARAN 2018/2019

RARA RAMDHANI, RARA RAMDHANI (2018) HUBUNGAN KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD (STUDI KASUS DI GUGUS VII KECAMATAN NARMADA) TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL RARA RAMDHANI.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kunjungan ke perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa di SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 656 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (Angket) dan Dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik analisis product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang diambil dari tehnik random sampling pada siswa kelas II-VI SDN Gugus VII Kecamatan Narmada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kunjungan perpustakaan adalah 75,79, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 83,06. Terdapat hubungan posotif dan signifikasi antara kunjungan ke perpustakaan dan prestasi belajar siswa, data dalam penelitian ini berdistribusi normal ditentukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5%, dimana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y 0,581 Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan kunjungan ke perpustakaan dengan prestasi belajar siswa SDN Gugus VII Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 0,581 (n=90, ts 5%). Kata-kata kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kunjungan ke perpustakaan, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:10
Last Modified: 17 Jul 2018 04:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item