HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V GUGUS 04 KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Marizkia Oktaviana Sari, Marizkia Oktaviana Sari (2018) HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING SISWA KELAS V GUGUS 04 KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL MARIZKIA OKTAVIANA SARI.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Motivasi dengan Hasil Belajar PKn Menggunakan Metode Mind Mapping Siswa Kelas V Gugus 04 Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 04 Kecamatan Narmada. Teknik Pengumpukan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket dan tes hasil belajar kognitif (post test). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama empat kali pertemuan mencapai 92,18% (Sangat Baik). Data hasil belajar dan angket yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan teknik statistik inferensial, yaitu menggunakan analisis korelasi Pearson Product Momen, diperoleh nilai α sebesar 0,000 ˂ 0,05 dan nilai Pearson Correlation (r) sebesar 0,781 dan nilai ini termasuk dalam korelasi tinggi. Hal ini menunjukakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi terdapat Hubungan yang signifikan antara Motivasi dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping dengan nilai Pearson Correlation (r) sebesar 0,781 dan nilai ini termasuk dalam korelasi tinggi, sehingga penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran PKn dapat memotivasi siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motivasi, Metode Mind Mapping, Hasil belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:04
Last Modified: 17 Jul 2018 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item