EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN GUGUS III KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Dzurayya Hamimi, Dzurayya Hamimi (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN GUGUS III KECAMATAN GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL DZURAYYA HAMIMI.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian efektivitas teknik pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Gunungsari Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Gunungsari yang berjumlah 221 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Data angket dianalisis menggunakan rumus SMI dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 69,9 (baik). Data hasil belajar dianalisis menggunakan gain ternormalisasi, diperoleh gain sebesar 13,333 dengan nilai rata-rata pada kelas post-test (56,770) lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas pre-test (43,437), sehingga pemerolehan gain score <g> ternormalisasi sebesar 0,235 dalam keriteria rendah. Data yang diperoleh dari angket dan hasil belajar dianalisis menggunakan rumus korelasi pearson produck moment, diperoleh thitung > ttabel (0,459 > 0,291) pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi teknik pembelajaran cooperative script efektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN Gugus III Kecamatan Gununsari Tahun Pelajaran 2017/2018 diterima. Penerapan teknik cooperative script dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, oleh karena itu peneliti berharap kepada guru untuk menerapkan teknik cooperative script dalam pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:03
Last Modified: 17 Jul 2018 04:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item