OPTIMALISASI KEGIATAN MERONCE DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD RINJANI DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SANTRI, LAKSMI (2010) OPTIMALISASI KEGIATAN MERONCE DALAM MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD RINJANI DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SkRiPsiii gabung.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Kognitif merupakan kemampuan anak untuk mengkoordinasikan berbagai cara berfikir untuk menyelesaikan berbagai masalah, sehingga diupayakan kegiatan meronce dengan berbagai sajian dan variasi alat dan bahan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Rinjani DWP UNRAM tahun ajaran 2010/2011. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengembangan kegiatan meronce dalam meningkatkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Rinjani DWP UNRAM dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi guru dan observasi anak. Dengan subyek penelitian anak usia 5- 6 tahun PAUD Rinjani DWP UNRAM yang berjumlah 8 orang 6 laki-laki dan 2 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Rinjani DWP UNRAM dapat meningkat melalui tiga kali proses pembelajaran kegiatan meronce, dimana ada tiga jenis main yang dikembangkan yaitu main sensorimotor, main peran dan main pembangunan melalui 10 tahapan. Dalam setiap tahapan meronce, tahap empat dan lima yang paling sering dilakukan anak karena hanya mengelompokkan warna dan bentuk yang sama. Kegiatan meronce yang dilakukan terus menerus dan berulang-ulang dengan pemberian kesempatan dan stimulasi dapat meningkatkan aspek kognitif anak yaitu, mengelompokkan benda, menyebutkan bentuk, dapat membedakan besarkecil, mengenal konsep, mengenal lebih dari lima warna, dapat mendeskripsikan warna dengan benda-benda disekitarnya, dapat berhitung dengan benda, dan dapat bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kegiatan meronce, aspek kognitif, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:01
Last Modified: 17 Jul 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item