Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia (5-6 th) Kelas B Di TK Yaa Bunayya Pejeruk Ampenan

SUKMA, KHAIRLINA (2010) Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia (5-6 th) Kelas B Di TK Yaa Bunayya Pejeruk Ampenan. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi khairlina sukmaoke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kemampuan berbahasa. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak adalah melalui penerapan metode bercerita dengan boneka tangan. Kemampuan berbahasa merupakan pencapian tahaptahap perkembangan berbahasa yang terdiri dari kemampuan menirukan suara/bunyi, bernyanyi, bertanya, menjawab, berbicara secara lancar, dan bercerita. Metode bercerita dengan boneka tangan adalah penyampaian pesan secara lisan kepada anak 4 didik di TK dengan menggunakan media boneka tangan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriftif. Populasinya adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 25 siswadi TK Yaa Bunayya Pejeruk Ampenan. Sampel 25% dari populasi sebanyak 6 siswa di tentukan secara acak berdasarkan absensi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: tingkat keoptimalan pada pengembangan pertama ketika melibatkan anak didik dalam mendengarkan cerita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak bernilai kurang optimal, pada penelitian ke dua di lakukan perbaikan pada kegiatan pembelajaran. Dan pada tahap ke dua ini peneliti mempertahankan perbaikan kegiatan yang telah dilakukan pada penelitian sebelumnya dan berulang-ulang sehingga hasil yang di capai mencapai optimal. Berdasarkan data tersebut kegitan bercerita dengan boneka tangan dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan temuan penelitian ini di sarankan pada peneliti untuk meneliti lebih lanjut agar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode bercerita, boneka tangan, kemampuan barbahasa, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:01
Last Modified: 17 Jul 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item View Item