PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI MELUKIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YAA BUNAYYA MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

S U R I A N I, S U R I A N I (2010) PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI MELUKIS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YAA BUNAYYA MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SURIANI PAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari bahwa sesungguhnya setiap anak terlahir sebagai sosok yang memiliki kreativitas. Sejak lahir ia membawa bakat, kesanggupan (potensi) untuk dikembangkan. Akan tetapi jangan salah persepsi, potensi kreatif tidak terberikan begitu saja, melainkan perlu pengembangan, hingga membuahkan sesuatu. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas anak adalah melalui kegiatan melukis. Pengembangan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang diharapkan pada obyek tertentu. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karyakarya nyata, baik dalam bentuk ciri-ciri berpikir kreatif maupun berpikir afektif, baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada. Melukis adalah karya seni rupa dua dimensi yang menampilkan unsur warna, bidang, garis, bentuk, dan tekstur. Populasinya adalah seluruh anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 25 siswa (18 siswa laki-laki) dan (7 siswa perempuan) di TK Yaa Bunayya Mataram Tahun Ajaran 2009/2010. Dengan teknik sampel porposif sebanyak 5 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ; anak usia 5-6 tahun yang mendapatkan kategori lukisan yang bernilai baik, apabila sudah mencapai tiga aspek inti dari empat aspek yang terlewati. Data menunjukkan bahwa rata-rata=80% yang dicapai oleh siswa (4 siswa).Yang bernilai sedang, apabila sudah mencapai dua aspek inti dari empat aspek yang terlewati. Data menunjukkan bahwa rata-rata=0%. Dan yang bernilai kurang, apabila hanya satu aspek inti dari empat aspek yang terlewati. Data menunjukkan bahwa rata-rata = 20% yang dicapai oleh siswa (1 siswa) . Berdasarkan data tersebut kegiatan melukis terbukti dapat mengembangkan kreativitas anak. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para pendidik khususnya guru TK untuk menerapkan kegiatan melukis dengan teknik finger painting sebagai salah satu kegitan untuk mengembangkan kreativits anak sesuai dengan tahp pengembangan II dan tahap pengembangan III.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): 1. Pengembangan, 2. Kreativitas, 3. Melukis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:01
Last Modified: 17 Jul 2018 04:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item